Profesi di Bidang IT dan Professionalisme

source : https://www.complianceandethics.org/ethics-for-ethicists-code/

Dalam perkualiahan yang diampu oleh Ibu Katarina Leba, M.Ag., M.Th kali ini, kita membahas kembali materi etika seperti halnya pada minggu lalu namun bedanya adalah dengan pembahasan lebih terfokus pada Profesi dan Profesionalisme. Dalam perkuliahan kali ini, kami 17 pertanyaan pemantik yang akan memperluas pemahaman kita tentang Profesi dan Profesionalisme.\

Apa itu Profesi dan apa itu Profesionalitas? Setelah diskusi Panjang mengenai pertanyaan tersebut akhirnya di dapatkan jawaban atas jawaban-jawaban tersebut. Profesi adalah janji untuk memenuhi kewajiban suatu tugas khusus dengan keahlian yang didapat secara akademik dan/atau sertifikasi.Sedangkan Profesionalitas adalah seseorang dengan suatu profesi dengan keahlian dan dedikasi yang tinggi terhadap profesinya.

 

Profesi yang bisa dikatakan sah harus memiliki suatu keahlian, keilmuan atau keterampilan khusus. Profesi diambil sebagai pemenuhan panggilan hidup. Adanya teori-teori yang baku secara universal. Profesi memiliki organisasi profesi, dan memiliki suatu kode etik.

Dalam profesi sebagai seorang yang berfokus pada bidan IT kita haru meningkatkan skill dan pengetahuan kita dengan terus mempelajari dari berbagai sumber. Namun harus memperhatikan juga berbagai etika-etika yang ada dan mengatur profesi kita sehingga dapat membuat kita menjadi seorang yang professional.

Teknologi komputer memiliki sifat "Logically Malleable" maksudnya adalah komputer bisa melakukan aktivitas apapun yang dapat membantu tugas atau pekerjaan manusia. Karena komputer dapat diubah dan dimodifikasi dengan logika dengan tujuan tertentu untuk membantu tugas manusia.

Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya profesionalisme pekerja bidang IT di Indonesia:

  1. Kurangnya standar profesionalisme 
  2. Pendidikan dan pelatihan yang tidak memadai
  3.  Kurangnya sertifikasi dan lisensi 
  4. Penyalahgunaan dan pelanggaran etika profesi
  5. Sistem kerja yang berbeda dibanding dengan bidang lain

 

Dalam bidang komputer tentunya ada suatu etika yaitu etika komputer. Apa itu etika komputer? Etika komputer adalah etika mengenai penggunaan komputer seperti dalam tanggung jawab, jaringan informasi dan globalisasi, komputer untuk pengguna difabel, komunitas virtual, robotika, kecerdasan buatan, dan agama. Mengapa etika diperlukan dalam bidang ini? Karena pada dasarnya seluruh hal tentunya harus dilakukan untuk tujuan tujuan positif dengan mengacu pada batasan batasan yang telah disepakati dan tidak menimbulkan kerugian materiil maupun immaterial kepada orang lain.

 

Etika-etika yang dimiliki oleh berbagai bidang profesi dapat disebut sebagai etika profesi. Kode Etik Profesi adalah etika yang mengatur tentang tata cara dalam berprofesi dan batasannya. Kode Etik Profesi dapat diartikan sebagai suatu prinsip terhadap kemampuan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di bidang profesinya, sehingga memastikan orang tersebut mampu menjalankan tugas secara profesional.

Dapat disimpulkan bahwa dalam setiap profesi tentunya ada etika – etika yang mengatur tentang cara dan batasan untuk menjalankan profesinya atau yang biasa disebut dengan Kode Etik Profesi.


Komentar