Etika

 

source: https://i0.wp.com/eos.org/

    Senin, 28 Agustus 2023. Hari ini adalah minggu kedua perkuliahan. Pada hari ini Mata Kuliah Etika Profesi di ajarkan oleh Dosen Fakultas ilmu komputer Universitas Jember yaitu Ibu Katarina Leba, S.Ag., M.Th . Dalam penuturannya dalam pertemuan kali ini kita akan berdiskusi untuk memahami apa itu etika profesi dan berbagai permasalahan atau problem yang biasa dihafapi dalam suatu profesi, terutama yang menyangkut masalah etika.

    Ibu Katarina memberikan pesan selama perkuliahannya, mahasiswa diharapkan untuk selalu datang tepat waktu dalam perkuliahan, setidaknya jika telat harus meminta ijin untuk masuk kelas terlebih dahulu kepada dosen yang mengajar. "Aturan ada untuk ditaati, bukan untuk dilanggar" tutur beliau. Jika dipikir lebih dalam tentunya hal itu dapat diambil pembelajarannya apalagi terkait mata kuliah yang kita pelajari. Yaitu untuk selalu beretika dimanapun kita berada.

    Untuk memahami materi kali ini, diberikan sebuah soal atau pertanyaan pemantik untuk membuka wawasan kita. Terdapat 10 pertanyaan terkait dengan Etika dan Profesionalitas. Pertanyaan tersebut diantaranya:

1.     Apakah etika itu merupakan hal yang general/umum? misalnya apakah etika pada profesi IT dengan profesi lain berbeda. Apa saja faktor penentu etika tersebut?

2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggaran etika?

3.     Apa kelemahan dari kode etik profesi?

4.     Bagaimana cara menanamkan etika dalam setiap profesi?

5.     Mengapa kode etik diperlukan dalam suatu organisasi profesi?

6.     Bagaimana cara kita menghadapi masalah terkait dengan etika profesi yang kita kerjakan?

7.     Kemampuan apa saja yang dibutuhkan dalam etika profesi?

8.     Bagaimana peran perusahaan dalam membentuk etika kerja pada karyawannya?

9.     Sikap apa saja yang dapat diambil terkait etika dan moral dalam menggunakan perangkat TIK?

10.  Mengapa etika sangat penting bagi profesional dalam bidang IT berkaitan dengan etika profesi?

Kita berdiskusi bersama kelompok masing-masing lalu merumuskan hasil dari diskusi lalu melakukan diskusi bersama 1 kelas. Hasil diskusi tersbut diantaranya

1.     Etika terbagi menjadi 2, yaitu etika umum dan etika khusus. Etika Umum adalah etika yang berlaku secara umum atau dalam Masyarakat pada umumnya. Sedangkan etika khusus adalah etika yang secara khusus berlaku apabila ia menekuni suatu bidang,organisasi ataupun perofesi tertentu.

2.     Pelanggaran Etika adalah pelanggaran nilai/moral atau pelanggaran terhadap adat yang berlaku dalam tata car akita dalam berperilaku

3.     Kelemahan kode etik terdapat pada kesadaran individu pada masing masing penganutnya/ yang menerapkan etika/ nilai moral tersebut.

4.     Untuk menanamkan etika dalam profesi, kita dapat/harus menaati aturan yang berlaku dalam profesi yang kita jalani, lalu profesi didasarkan dengan evaluasi.

5.     Kode etik dibutuhkan dalam profesi sebagai batasan atau pengatur dalam kita menjalankan profesi kita

6.     Untuk menghadapi permasalahan terkait etika profesi ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu : tanggung jawab, evaluasi, konsistensi dan integritas.

7.     Kemampuan yang dibutuhkan dalam etika profesi diantaranya: adaptasi, toleran, konsisten, jujur, adil, komunikatif, dan kerja sama yang baik

8.     Untuk membentuk etika yang baik, Perusahaan dapat melakukan beberapa tahap diantaranya: melakukan pelatihan, membuat aturan, dan pembiasaan

9.     Sikap yang dapat diambil terkait etika moral dalam bidang TIK:
1. Tanggung Jawab
2. Konsisten
3. Jujur
4. Adil

10.  Etika penting dalam bidang IT karena dengan Etika kita akan lebih terkontrol dan mampu menciptakan profesionalisme dalam menjalankan profesi kita. Dengan demikian maka kepercayaan akan semakin tinggi dan pelayanan akan semakin berkualitas.

Setelah pembahasan hasil diskusi setiap kelompok Ibu Dosen juga memberikan gambaran mengenai Etika dan Profesionalitas.. Dijelaskan bahwa Etika adalah suatu kebiasaan / adat yang dianggap benar atau salah. Etika, moral, dan hukum sangatlah berkaitan. Contohnya jika kita melanggar suatu etika bisa saja kita mendapat teguran ataupun akan langsung berhadapan dengan Hukum apabila sudah menyangkut masalah moral.

Etika merupakan suatu batasan perbuatan yang apabila merugikan maka akan memberi norma. Etiket adalah nilai nilai yang berlaku jika kita seorang diri. Contohnya: kebiasaan yang bias kita lakukan ketika kita sendiri belum tentu bisa diterapkan kepada orang lain.

Profesi adalah melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian dengan ilmiah dan dedikasi tinggi tentunya dengan dasar Pendidikan dan sertifikasi yang jelas,

Melalui pembahasan dari diskusi-diskusi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Etika adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan profesi kita untuk menjadi seorang yang profesional

 


Komentar