Etika Bisnis

Kali ini saya akan memaparkan tentang apa itu Etika Bisnis, dalam blog ini saya akan memberikan pemahaman saya tentang apa itu Etika Bisnis sesuai dengan materi yang telah diberikan selama perkuliahan Etika Profesi.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu bisnis. Bisnis adalah kegiatan ekonomi di mana orang atau perusahaan menjual barang atau jasa kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam bisnis, orang atau perusahaan biasanya memproduksi atau membeli barang dan jasa, lalu menjualnya kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya produksi atau akuisisi. Keuntungan adalah selisih antara pendapatan yang diterima dari penjualan dan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli barang atau jasa tersebut.

Setelah memahami apa itu bisnis, selanjutnya yang harus kita pahami adalah apa itu Etika Bisnis. Dalam kegitan berbisnis hal yang ada di dalamnya adalah mengenai kegiatan yang melibatkan proses menciptakan barang atau jasa untuk dijual kepada khalayak. Sehingga dalam berbisnis diperlukan suatu batasan yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis.

Etika Bisnis diperlukan, karena pada dasarnya dalam berbisnis nama baik, harga diri, bahkan nasib menjadi dipertaruhkan. Jadi, dalam berbisnis banyak hal yang harus diperhatikan. Apalagi di dalam kegiatan berbisnis ada interaksi antar penjual dan pembeli atau pihak lain yang bekerja sama dalam kegiatan bisnis yang dilakukan.

Prinsip-prinsip dalam Etika Bisnis diantaranya:

1.     Prinsip Otonomi : mampu mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang dilakukan, dan bertanggungjawab secara moral 

2.     Prinsip Kejujuran : kejujuran adalah kunci keberhasilan suatu bisnis

3.     Prinsip Keadilan : tiap orang dalam suatu bisnis harus mendapatkan perlakuan yang sesuai dengan hak masing-masing.

4.     Prinsip Saling Menguntungkan : supaya semua pihak berusaha saling menguntungkan dan menjadi kompetitif

5.     Prinsip Integritas Moral : semua pelaku bisnis harus menjaga nama baiknya dan perusahaannya agar tetap terpercaya dan integritasnya tinggi.

Dengan menerapkan atau mengimplementasikan Etika Bisnis tentunya ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh, manfaat itu diantaranya:

  • Membantu membentuk sikap saling percaya
  • Menciptakan rasa kenyamanan dalam berbisnis
  • Menjaga kenyamanan dalam berbisnis
  • Memiliki citra yang baik
  • Mendorong adanya sikap untuk bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis
  • Terjalin hubungan yang baik antar karyawan dalam perusahaan

 

Masalah Etika Bisnis

Masalah etika bisnis adalah masalah yang terjadi akibat ketidakmampuan atau tidak dijalankannya prinsip prinsip dalam etika bisnis. Masalah ini dilatarbelakangi oleh keinginan pribadi atau bahkan kepentingan pribadi tanpa mempertimbangkan dampak lebih lanjut terhadap bisnis yang dijalankan.Masalah tersebut diantaranya berupa:

1.     Penipuan

2.     Diskriminasi

3.     Korupsi

4.     Penggunaan bahan yang membahayakan

5.     Pelanggaran Hak,Paten dan Merk

 

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan harus memperhatikan etika bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan praktik-praktik yang adil, jujur, dan bertanggung jawab, serta menjaga integritas dan reputasi bisnis. Perusahaan harus memperhatikan prinsip-prinsip etika bisnis seperti kejujuran, loyalitas, keadilan, saling menguntungkan, integritas moral, taat hukum, akuntabilitas, berkomitmen terhadap kesempurnaan, dan loyalitas. Dengan memperhatikan etika bisnis, perusahaan dapat menghindari masalah etika dalam bisnis dan menciptakan hubungan yang baik dengan karyawan dan konsumen.

Komentar